Simak Contoh Sambutan Perpisahan KKN yang Disampaikan Mahasiswa

Simak Contoh Sambutan Perpisahan KKN yang Disampaikan Mahasiswa

RumahTeknologi.com – Setelah mengikuti program KKN satu per satu dan menyelesaikan semua kewajiban, mahasiswa dapat mencapai akhir masa KKN. Biasanya diadakan acara penyambutan khusus dan akan ada sesi penyambutan yang akan disampaikan oleh para siswa dan kepala desa. Kali ini kita akan membahas Contoh Sambutan Perpisahan KKN  yang disampaikan sebagai tanda berakhirnya kegiatan KKN.

Rangkaian Acara Perpisahan

Sebelum membahas contoh pidato perpisahan KKN, mari kita pahami dulu organisasi dari acara ini. Setelah menyelesaikan rangkaian program KKN, mahasiswa harus menyelesaikan masa KKN dengan mengadakan acara perpisahan. Acara ini diadakan sebagai simbol perpisahan dengan warga desa. Ada beberapa pihak yang biasanya akan diundang untuk menghadiri acara perpisahan ini, antara lain:

  • Mahasiswa peserta KKN
  • Dosen yang menjadi pembimbing di lapangan
  • Lurah desa
  • Ketua RT dan RW, serta perangkat desa lainnya
  • Kelompok pemuda-pemudi
  • Perwakilan warga sekitar
  • Tamu undangan (pengisi acara hiburan misalnya)

Acara perpisahan KKN ini umumnya diadakan di kantor balai kota setempat. Namun, lokasi lain juga dapat dipilih berdasarkan persetujuan desa. Mahasiswa juga harus mengatur rangkaian acara agar acara perpisahan ini dapat berjalan dengan lancar dan menghemat waktu. Berikut ini adalah contoh rangkaian acara perpisahan KKN yang diselenggarakan oleh mahasiswa:

  • Pembukaan
  • Menyanyikan lagu kebangsaan dan universitas
  • Sambutan dari mahasiswa peserta KKN
  • Sambutan dari lurah atau kepala desa
  • Lain-lain (contoh: pemberian kenang-kenangan atau sesi hiburan)
  • Penutup

Isi Pidato Perpisahan

Saat memberikan pidato perpisahan, tentunya ada beberapa hal yang perlu disampaikan. Ada poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Di bawah ini adalah beberapa poin penting yang harus dimasukkan dalam pidato sambutan pada upacara perpisahan:

  • Salam kepada semua pihak yang hadir
  • Pembuka
  • Ucapan terima kasih
  • Kesan dan pesan
  • Ucapan permohonan maaf
  • Penutup
BACA JUGA:  kelas karyawan apakah ada kkn

Pidato perpisahan ini disampaikan dalam waktu singkat. Jadi sangat disarankan untuk menulis pidato singkat dan padat. Pastikan Anda membuat kesan positif pada warga dan semua pihak yang menghadiri acara tersebut. Pengucapan pidato juga harus jelas dan tidak terburu-buru agar dapat dipahami oleh semua pihak yang hadir.

Pidato Sambutan dari Mahasiswa

Mahasiswa yang dipilih untuk memberikan ceramah ini biasanya ketua kelompok KKN. Namun, siswa lain juga dapat dipilih sebagai perwakilan. Berikut ini adalah contoh pidato perpisahan mahasiswa KKN.

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi hadirin semua.

(Sapaan kepada semua orang yang hadir di acara pamitan. Dapat disebutkan satu per satu sesuai urutan mulai dari kepala desa hingga mahasiswa)

Terlebih dahulu mari kita bersama menghaturkan ucapan puji syukur kepada Tuhan untuk limpahan rahmat yang tak terhingga. Kita tentu tidak mungkin punya kesempatan hadir bersama di sini dalam kondisi tubuh yang sehat serta bahagia tanpa izin maupun ridho dari-Nya.

Hari ini mahasiswa peserta program KKN Universitas…di Desa…telah resmi menyelesaikan tugas. Sebagai penanda usainya tugas kami di desa ini saya ingin memberikan terima kasih khususnya bagi seluruh pihak terlibat. tentu semua kegiatan tidak akan bisa berjalan tanpa hambatan jika tidak ada kerja sama dari kita semua.

Terima kasih telah memberikan bimbingan termasuk bantuan kepada kami untuk menyelesaikan tugas selama menjalani kegiatan di sini. Serta tidak lupa kami ingin mengucapkan rasa syukur karena telah disambut dengan sangat ramah saat memulai program KKN di desa ini. Begitu sampai di tempat KKN, kami semakin bersemangat karena dapat sambutan yang hangat.

Ada begitu banyak pengalaman yang sudah kami rasakan selama tinggal di sini. Meskipun harus pergi dari desa ini, kami pasti akan selalu mengingat setiap kebaikan tulus yang ditunjukkan oleh para warga. Khusus untuk teman-teman pemuda yang selama ini membantu kami menjalankan program, saya hanya bisa mengucapkan rasa terima kasih dengan sangat tulus. Saya harap teman-teman semua bisa terus berjuang memajukan desa serta memberi kesejahteraan bagi semua warga.

BACA JUGA:  algoritma membuat teh

Sekali lagi saya sebagai wakil semua mahasiswa berterima kasih. Kami pun ingin meminta maaf dengan segenap hati apabila selama menjalankan kegiatan di sini kami meninggalkan banyak kesalahan. Saya berdoa agar kita semua selalu diberi berkah tubuh yang sehat.

 

Kata Kuncihttps://www rumahteknologi com/16335/simak-contoh-sambutan-perpisahan-kkn-yang-disampaikan-mahasiswa html-