Pilih Magang atau KKN? Tak Perlu Bingung, Berikut Penjelasannya

Rumahteknologi.com – Sebagai mahasiswa, apakah Anda sering mendengar istilah KKN dan magang? KKN dan magang merupakan kegiatan wajib yang biasanya dilakukan sebelum memperoleh gelar sarjana. Namun, magang dan KKN berbeda-beda di setiap kampus. Beberapa membutuhkan satu atau keduanya. Kamu lebih suka yang mana? Sekarang mari kita lihat lebih dekat apa itu magang untuk KKN dan apa yang membuatnya berbeda.

Pengertian KKN

Sebelum melangkah lebih jauh, hal pertama yang akan dibahas adalah KKN. Kuliah Kerja Praktek atau yang biasa dikenal dengan KKN adalah program dimana mahasiswa ditempatkan baik secara langsung di masyarakat maupun di desa-desa untuk memimpin masyarakat. Nah, pelaksanaan KKN sendiri biasanya berlangsung 1-2 bulan. Jangan khawatir. ditempatkan dalam kelompok. Departemen Pendidikan Tinggi (Dikjun Dikti) Indonesia mewajibkan semua perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN. KKN dilaksanakan sebagai anugrah internal yang memadukan Tri Dharma, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tugas KKN pada awalnya menimbulkan konflik di beberapa lini. Untuk itu, ada beberapa jenis KKN yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Jenis KKN tiap universitas berbeda-beda. Contohnya adalah:

  1. Tematik KKN – adalah layanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa multi-media dengan tema-tema khusus yang dituduh sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau atas permintaan bagian eksternal.
  2. ABMAS KKN – adalah pemerataan dan integrasi kegiatan pada partisipasi layanan publik yang diselenggarakan oleh kerja sama antara pemerintah daerah / pusat dan Kementerian Penelitian dan Teknologi / Penelitian dan Penelitian dan penelitian.
  3. Kebangsaan KKN – adalah kegiatan akademik dan layanan masyarakat sesuai dengan program yang diadakan oleh penyelenggara.
  4. Internasional KKN – adalah kegiatan akademik dalam berbagai bentuk, yaitu kegiatan layanan masyarakat yang dipimpin oleh universitas di luar negeri dengan tujuan meningkatkan mobilitas siswa yang keluar.
  5. KKN Kolaborasi – adalah kegiatan layanan masyarakat berbasis komunitas dengan universitas negeri jawa oriental, serta entitas hukum (PTN-BHS) atau konsorsium akademik lainnya.
  6. Reguler KKN – adalah layanan kepada komunitas dalam bentuk pekerjaan nyata di lokasi yang ditetapkan oleh Direktorat Penelitian dan Layanan Masyarakat.
  7. KKN Tanggap Bencana – adalah program layanan masyarakat untuk membantu mengurangi beban dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh perusahaan yang terkena dampak.
BACA JUGA:  contoh program kerja kkn fakultas ekonomi

KKN di tengah pandemi

Dengan adanya pandemi Covid-19, kegiatan KKN dilakukan dari kediaman setiap mahasiswa. Program kerja yang ditahan juga difokuskan pada asosiasi penguatan kesadaran dan kepedulian pandemi. Proses panduan dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dibuat online melalui video atau media lainnya.

Apa itu magang?

Magang ditafsirkan sebagai bagian dari sistem pelatihan kejuruan yang terintegrasi antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan langsung di bawah arahan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi. atau layanan perusahaan, untuk mengendalikan keterampilan atau keterampilan tertentu.

KKN vs Magang

Nah, setelah mengetahui apa itu KKN dan apa magang, apa kesulitan saat ini? KKN dan magang berbeda yang paling penting tentu saja dalam hal kegiatan mereka. Kegiatan KKN adalah kegiatan pengabdian masyarakat di mana mahasiswa akan terjun ke masyarakat dan membantu koreksi masalah yang dihadapi masyarakat pada kenyataannya. Sementara itu, magang dalam bentuk direksi langsung di dunia kerja profesional.

Dengan bentuk kegiatan yang berbeda, itu tentu saja membuat objek atau produksi diharapkan berpartisipasi dalam kegiatan yang berbeda ini. KKN bertujuan untuk bertindak tindakan nyata untuk membatu masyarakat. Dari aktivitas KKN ini, output yang dapat diperoleh adalah sensitivitas sosial, kecerdasan emosional, menciptakan vintage dalam perbedaan, bagaimana mahasiswa dapat tumbuh, untuk menciptakan keberanian pada mahasiswa.

Sementara itu, berpartisipasi dalam kegiatan magang, mahasiswa diharapkan lebih siap dan harus menyelam ke dunia kerja profesional setelah lulus kemudian. Meskipun sebagian besar magang tidak berfungsi sepenuhnya dan tidak percaya untuk melakukan hal-hal kecil, mahasiswa observasi dapat mempelajari lebih lanjut tentang dunia kerja.

Jadi di mana lebih baik? Yah, keduanya memiliki keuntungan masing-masing. Pada dasarnya, KKN dan magang adalah forum untuk menerapkan pengetahuan dan mental dari siklus pertama potensial. KKN adalah bagaimana menerapkan pengetahuan dan keadaan pikiran seorang sarjana potensial dari masyarakat dan magang adalah dengan menerapkan pengetahuan dan mentalitas seorang sarjana potensial di dunia profesional. Itu semua tergantung pada orientasi teman – bahwa itu lebih mungkin berada di dunia komunitas atau profesional. Namun, yang paling penting adalah melakukan kegiatan KKN dan serius magang untuk merasakan manfaatnya.

BACA JUGA:  kata mutiara perpisahan kkn