Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap dengan Keterangan

Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap dengan Keterangan

Rumahteknologi.com – Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas materi kimia mengenai Tabel Periodik. Materi yang akan kita bahas kali ini adalah materi dalam jurusan kimia yang mulai dielajari di bangku SMA. Meskipun tabel periodik ini mungkin tampak rumit pada pandangan pertama, sangat mudah untuk mengidentifikasi unsur-unsur kimia dalam jumlah besar.

Tabel periodik adalah tabel yang menampilkan unsur kimia. Unsur-unsur kimia ini disusun menurut nomor atomnya (jumlah proton dalam nukleus), komposisi periodiknya, dan pengulangan kimianya.

Tabel periodik berfungsi untuk mengetahui nomor atom, susunan elektron, dan sifat setiap unsur. Unsur dalam tabel periodik unsur kimia terdiri dari dua golongan, yaitu golongan pertama (garis vertikal) dan golongan periode kedua (garis horizontal).

Istilah-istilah dari Tabel Periodik

Di bawah ini adalah istilah-istilah dari Tabel Periodik yang perlu Anda ketahui untuk memahami dan membaca unsur-unsur kimia yang dimaksud:

1. Periode

Periode adalah bagian baris horizontal pada tabel periodik kimia dengan trend horizontal yang lebih signifikan dibandingkan tren vertical karena sulit dipahami. Anda bisa melihat pada bagian blok-f menunjukan lantanida dan aktinida membentuk dua seri unsur horizontal yang bisa menjadi definisi substansial dalam menentukan unsur kimia.

2. Golongan

Golongan pada tabel unsur- unsur kimia biasa juga disebut juga dengan istilah famili yang berarti bagian pada tabel periodik yang berbentuk kolom vertikal dengan trend periodik, bukan menggunakan golongan periode dan blok tertentu.

3. Blok-s

Blok-s pada tabel periodik kimia adalah unsur dari dua golongan, yaitu logam alkali dan alkali tanah. Pada susunanya, blok-s juga berisi unsur tambahan dengan hidrogen dan helium.

BACA JUGA:  bahasa sunda nya teman

4. Blok-p

Blok-p pada tabel unsur- unsur kimia terdiri dari enam golongan, yaitu 13 golongan sampai 18 sesuai dengan ketentuan IUPAC mulai dari 3A hingga 8 A sesuai penamaan Amerika. Semua bagian pada blok-p juga memiliki kandungan sebagian besar adalah metaloid.

5. Blok-d

Blok-d pada tabel unsur- unsur kimia terdiri dari 3 sampai 12 golongan, mulai dari golongan 3B hingga 2B dalam sistem penggolongan Amerika. Semua unsur kimia dalam golongan blok-d adalah logam transisi.

6. Blok-f

Blok-f pada tabel unsur- unsur kimia sering diletakan dibagian bawah. Perlu Grameds diketahui bahwa golongan blok-f tidak memiliki nomor golongan yang terdiri dari lantanida dan aktinida.

Pada unsur nomor atom mulai dari hidrogen hingga oganesson sudah disintesis dan disesuaikan dengan penambahan unsur- unsur kimia terbaru. Unsur kimia Nihonium, moscovium, tennessine, and oganesson adalah unsur baru di tabel periodik ini. Penambahan unsur- unsur kimia ini sudah terkonfirmasi resmi pada tanggal 30 Desember 2015 oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) dan kemudian  diberi nama pada tanggal 28 November 2016.

Ada 94 unsur pertama sudah muncul secara alami, namun beberapa unsur ada yang dibuat di laboratorium karena belum ditemukan di alam, seperti sejumlah renik dan disintesis. Tabel unsur- unsur kimia in bisa digunakan untuk membaca penurunan hubungan yang terjadi antara sifat unsur lama dengan yang baru karena belum ditemukan. Tabel periodik kimia memberikan kerangka kerja unsur kimia yang bisa dimanfaatkan untuk membaca dan melakukan analisis perilaku kimia tertentu.

Keterangan Tabel Periodik

Berikut adalah keterangan tabel periodik yang telah admin himpn dari berbagai sumber:

Keterangan Tabel Periodik

  1. Tabel memiliki baris yang mewakili periode dan kolom yang mewakili sekelompok unsur kimia.
  2. Tabel memiliki 6 grup atau kumpulan dengan nama non-numerik. Misalnya, unsur golongan 17 adalah halogen dan unsur golongan 18 adalah gas mulia.
  3. Tabel unsur kimia ini dapat digunakan untuk memperoleh hubungan antara sifat-sifat unsur dan untuk memprediksi sifat-sifat unsur baru yang akan ditemukan.
  4. Tabel ini menunjukkan kerangka kerja untuk menganalisis perilaku unsur kimia tertentu yang banyak digunakan dalam bidang penelitian kimia.
BACA JUGA:  kegiatan kkn di desa