cara reset HP Xiaomi

Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe dan Gambarnya

Orang-orang sering menyebutnya dengan istilah factory reset atau reset pabrik yang akan membuat perangkat lunak kembali seperti kondisi awal. Selain itu juga bertujuan untuk menghapus seluruh informasi tersimpan di dalamnya. Lalu bagaimana cara reset HP Xiaomi pada semua tipenya?

Mengenal Apa Itu Reset HP

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa reset dan restart HP adalah dua hal yang berbeda. Pertama yakni reset atau sering dikenal dengan factory reset, proses ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal seperti pada pabriknya. Fungsinya yakni bisa mengatasi beberapa masalah seperti freezing.

Tidak hanya itu saja, beberapa kendala seperti proses stuck, pembersihan cache dan virus, muncul suara aneh atau aplikasi tiba-tiba keluar juga dapat Anda atasi dengan melakukan reset pada HP. Lain halnya pada restart yang berarti hanya memulai ulang kembali sistem pada HP baik Android atau iOS.

Fungsi melakukan restart secara berkala memang sangat berguna untuk memperpanjang umur baterai HP. Selain itu juga mampu mencegah kerusakan perangkat. Proses ini tidak akan berpengaruh pada penghapusan data di dalam HP sehingga tetap aman.

Alasan Reset HP

Pengguna ponsel yang memilih untuk melakukan reset pada ponselnya memang seringkali menjadi jalan keluar guna mengatasi masalah di smartphone-nya. Cara ini bisa membuat kinerja HP layaknya seperti baru dan tidak mudah error. Namun ada beberapa alasan lainnya seperti berikut ini:

BACA JUGA:  Intip 6 Aplikasi Browser Anti Blokir Untuk Android yang Wajib Dimiliki

1. Sistem Ponsel yang Lemot dan Error

Masalah ponsel yang lemot memang sering menjadi kendala pada sebuah ponsel. Padahal koneksi internet tetap stabil dan menunjukkan sinyal selalu stabil. Jadi ketika kinerja smartphone sudah terasa berat atau bahkan ngelag, maka Anda bisa mengatasinya dengan melakukan reset HP.

Selain itu, ponsel juga kerapkali mengalami error padahal Anda tidak begitu banyak menginstall aplikasi di dalamnya. Bahkan ada beberapa apk yang tak mau berjalan normal dan tiba-tiba berhenti sendiri pada saat sedang membukanya. Hal ini juga dapat pengguna atasi melalui reset HP.

2. Koneksi Internet Sedang Bermasalah

Adanya gangguan koneksi internet juga menjadi salah satu masalah yang dapat Anda atasi dengan melakukan reset HP. Biasanya hal ini terjadi akibat masalah sinyal memang buruk. Namun bagaimana apabila pengguna mengalaminya di daerah perkotaan atau kawasan jaringan stabil?

Hal ini bisa saja terjadi karena ponsel memang tidak bisa terhubung dengan baik ke jaringan internet. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan reset ulang pada ponsel sebelum berniat flashing. Masalah ini mungkin karena sistem smartphone terlalu berat untuk melakukan berbagai kinerja di dalamnya.

3. Koneksi Internet yang Putus Nyambung

Tidak hanya ketika koneksi internet yang sedang bermasalah dan tak pernah stabil, Anda pun juga perlu melakukan reset ketika jaringan terasa putus nyambung. Hal ini biasanya pengguna alami ketika sedang menonton video di YouTube ataupun membaca artikel namun tiba-tiba koneksi terputus.

Padahal orang lain yang menggunakan Simcard dengan operator serupa tidak pernah mengalami gangguan internet. Bahkan mereka bisa mengakses berbagai sosial media lancar-lancar saja tanpa adanya kendala. Jika mengalami masalah seperti ini, cobalah untuk melakukan reset pada HP Anda.

BACA JUGA:  7 Cara Mendapatkan Handphone Gratis Anti Ribet

4. Banyak Menu Error

Apabila Anda menjumpai adanya kejanggalan pada menu ponsel yang error sehingga tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, maka masalah ini perlu tahu apa solusinya. Misalnya ketika menekan pengaturan namun tak mau bereaksi dan hal serupa terjadi pada menu lainnya.

Jika hal ini terjadi, alangkah lebih baiknya Anda bisa melakukan reset pada HP agar fungsinya kembali seperti semula. Meskipun masalah ini tidak banyak orang mengalaminya, namun apabila mengetahui bagaimana cara me-resetnya sendiri dari rumahteknologi, maka pengguna dapat mencobanya daripada membawa ke service.

5. Ponsel Restart Sendiri

Beberapa kejadian yang sering terjadi pada beberapa pengguna ponsel adalah ketika HP sedang aktif namun tiba-tiba restart sendiri. Tentu saja hal ini akan mengganggu para user untuk melakukan berbagai aktivitas pada ponsel mereka. Bahkan masalah ini umum terjadi beberapa kali.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba melakukan reset pada HP Android. Tujuannya agar dapat memulihkan sistem ponsel seperti sedia kala. Nantinya fungsi dan kinerja akan kembali layaknya membeli baru dan hampir mirip dari pabrikan aslinya.

Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe

Berikut ini ada 2 cara yang dapat Anda ikuti untuk reset HP Xiaomi pada seluruh tipe. Merk HP satu ini memang cukup banyak digemari oleh orang-orang sehingga sebagai penggunanya juga perlu tahu agar tidak kebingungan ketika mendapati adanya masalah dan gangguan.

1. Cara Reset HP Xiaomi Menggunakan Sistem Recovery

Kali ini, Anda akan melakukan hard reset yang merupakan metode reset dimana memanfaatkan kombinasi tombol pada ponsel Xiaomi. Beberapa langkah di bawah ini dapat bekerja ketika ponsel dalam keadaan mati total. Jadi hanya bisa dilakukan ketika HP booting dan tidak masuk ke menu.

  • Pastikan bahwa HP Xiaomi sudah dalam kondisi mati
  • Tekan dan tahan tombol kombinasi power dan volume atas bersamaan
BACA JUGA:  5 Aplikasi Edit Suara Jadi Merdu

  • Tekan lama dan lepas saat sudah muncul logo Xiaomi

cara reset HP Xiaomi

  • Pilih pada menu Wipe Data dengan menekan tombol volume bawah

cara reset HP Xiaomi

  • Jika warna kursor berubah jadi biru, klik OK dengan menekan tombol Power

cara reset HP Xiaomi

  • Tekan lagi tombol Power dan tunggu hingga muncul tampilan seperti ini

cara reset HP Xiaomi

  • Untuk konfirmasi reset, tekan bersamaan tombol Power dan Volume bawah

  • Ponsel akan memulai reset dan melakukan restart otomatis

  • Tunggu hingga ponsel hidup kembali sebelum Anda gunakan

2. Cara Reset HP Xiaomi Lewat Menu Pengaturan

Cara dari rumahteknologi.com dapat Anda lakukan ketika HP Xiaomi memang masih dalam keadaan menyala atau artinya tidak mengalami bootlop. Karena pada prosesnya sendiri, tidak lagi memerlukan tombol volume dan power melainkan memang menggunakan menu pengaturan di dalam sistem ponsel itu sendiri.

  • Nyalakan HP Xiaomi Anda
  • Masuklah ke menu Pengaturan
  • Klik pada menu My Device
  • Gulir layar ke bawah, pilih menu Factory Reset

  • Tunggu hingga muncul tampilan layar seperti berikut:

  • Gulir layar ke bawah, pilih menu Erase All Data
  • Klik menu Backup Data untuk konfirmasi pemulihan data

  • Selanjutnya, klik menu Factory Reset untuk konfirmasi
  • Tunggu selama 3 detik lalu pilih menu Next Step

  • Tekan tombol OK untuk konfirmasi kembali melakukan Reset HP

  • Tunggu HP Xiaomi Anda melakukan reset

  • Jika sudah, HP Xiaomi akan melakukan restart secara otomatis

Itulah tadi beberapa cara reset HP Xiaomi yang perlu Anda lakukan ketika menjumpai adanya permasalahan pada ponsel. Biasanya harus dilakukan ketika mengalami bootlop, freezing, stuck, koneksi internet putus nyambung, aplikasi tiba-tiba keluar atau kendala lain dan cukup mengganggu.