Cara Bikin Suara HP Android Makin Keras dan Menggelegar
Cara Bikin Suara HP Android Makin Keras dan Menggelegar

Cara Bikin Suara HP Android Makin Keras dan Menggelegar

rumahteknologi.com – Suara speaker HP Android yang kecil dan kurang keras kadang-kadang membuat kita jengkel. Apalagi jika kita ingin mendengarkan musik atau menonton video, suara yang kurang keras dapat mengurangi pengalaman kita. Namun jangan khawatir, kami punya solusinya! Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat volume speaker HP Android Anda lebih keras.

Maksimalkan Volume Media, Alarm, dan Dering

Kita seringkali berpikir bahwa menaikkan volume suara pada HP Android sudah cukup untuk membuat suara speaker HP menjadi lebih keras. Namun, ternyata ini adalah kesalahan yang umum terjadi. Kenapa? Karena dalam HP Android, ada tiga jenis suara yang berbeda: suara media, suara alarm, dan suara dering. Jika kita hanya menaikkan volume suara media saja, maka suara alarm atau dering tidak akan ikut terpengaruh, sehingga tetap terdengar senyap.

Lalu, bagaimana cara yang benar untuk meningkatkan volume suara pada ponsel Android? Pertama, kita harus menaikkan ketiga jenis suara tersebut secara bersamaan agar suara speaker ponsel menjadi lebih keras. Caranya, ketika popup indikator volume muncul setelah kita menekan tombol volume pada ponsel, jangan langsung membiarkannya hilang begitu saja. Sebelum popup tersebut hilang, kita bisa menekan tombol “Pengaturan” yang ada di dalam popup tersebut. Setelah itu, kita akan melihat tiga kontrol volume terpisah untuk media, alarm, dan dering. Nah, geser ketiga kontrol volume tersebut secara maksimal agar suara speaker ponsel kita menjadi lebih keras.

Dengan menaikkan ketiga jenis suara tersebut secara bersamaan, maka kita bisa memastikan bahwa suara speaker pada HP Android kita akan menjadi lebih keras dan menggelegar. Tidak hanya saat kita mendengarkan musik atau menonton video, tetapi juga saat kita menerima panggilan telepon atau alarm berbunyi. Jadi, jangan lagi hanya menaikkan volume suara media saja, ya!

BACA JUGA:  3 HP Samsung dengan Speaker Dolby Atmos yang Bikin Kamu Terkejut

Cek Apakah HP Anda Memiliki Equalizer Bawaan

Jika Anda ingin meningkatkan volume speaker HP Samsung, Anda dapat menggunakan equalizer suara bawaan yang sudah disediakan. Equalizer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah frekuensi suara pada speaker HP agar terdengar lebih optimal. Dalam HP Samsung, equalizer suara bawaan dapat ditemukan pada menu “Kualitas dan efek suara” yang terdapat pada menu “Suara dan getaran” di Pengaturan ponsel.

Untuk mengakses equalizer suara bawaan pada HP Samsung, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut. Anda bisa melakukan gerakan a la superhero dengan menggeser bagian atas layar ponsel Anda. Kemudian, Anda akan melihat muncul ikon roda gigi yang siap membawa Anda ke dalam menu Pengaturan. Setelah itu, ketuk menu “Suara dan getaran” dan gulir ke bawah sampai Anda menemukan menu “Kualitas dan efek suara”.

Jika Anda menemukan opsi “Equalizer” pada menu tersebut, ketuk opsi tersebut untuk membuka equalizer suara bawaan. Di sana, Anda dapat menyesuaikan equalizer sesuai dengan preferensi Anda atau Anda dapat memilih opsi equalizer yang telah tersedia. Perlu diingat bahwa equalizer yang meningkatkan frekuensi suara pada speaker ponsel Samsung Anda akan mengorbankan kualitas suara. Oleh karena itu, disarankan untuk mengatur equalizer dengan bijak agar suara pada ponsel Samsung Anda tetap optimal dan berkualitas.

Dengan menggunakan equalizer suara bawaan pada ponsel Samsung, Anda dapat meningkatkan volume speaker HP pada ponsel Anda dengan mudah dan cepat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara ini jika Anda ingin mendapatkan pengalaman mendengarkan musik atau menonton video yang lebih baik pada ponsel Samsung Anda.

Unduh Aplikasi Penguat Suara

Jika HP Anda tidak dilengkapi dengan equalizer bawaan, jangan khawatir. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah “Music Volume EQ”. Aplikasi ini sudah tersedia selama beberapa tahun dan memiliki peringkat pengguna yang tinggi. Meskipun memiliki iklan seperti kebanyakan aplikasi penguat suara, namun dengan membayar $ 3,99, Anda bisa menghapus iklan tersebut.

BACA JUGA:  Apa Itu Fastboot Xiaomi?

Setelah berhasil mengunduh aplikasi penguat suara yang Anda inginkan, saatnya untuk membuka aplikasi tersebut dan memberikan izin yang diperlukan agar aplikasi bisa berfungsi secara optimal. Mengatur aplikasi sederhana ini sangat mudah, cukup naikkan kontrol volume setinggi yang Anda inginkan. Namun, berhati-hatilah bahwa menaikkan semua suara terlalu keras bisa merusak pengeras suara speaker HP Anda.