Untuk bisa mengikuti program KKN PPM, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, maka ikutilah persyaratan ini
Untuk bisa mengikuti program KKN PPM, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, maka ikutilah persyaratan ini

KKN PPM!! Persyaratan dan Tips untuk Menjadi Peserta yang Sukses

rumahteknologi.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) adalah program yang wajib diikuti oleh mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan dan pengabdian pada masyarakat secara langsung. Namun, untuk bisa mengikuti program KKN PPM, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa persyaratan dan tips untuk menjadi peserta KKN PPM yang sukses.

Persyaratan untuk Mengikuti Program KKN PPM

Terdaftar sebagai Mahasiswa Aktif dan Telah Menempuh Kuliah dan Praktikum Minimum 96 SKS Tanpa Nilai E

Persyaratan pertama untuk mengikuti program KKN PPM adalah Anda harus terdaftar sebagai mahasiswa aktif dan sudah menempuh kuliah dan praktikum minimal 96 SKS tanpa nilai E. SKS atau Satuan Kredit Semester adalah satuan pengukuran beban belajar yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa untuk menyelesaikan program studi. Oleh karena itu, pastikan untuk menyelesaikan kuliah dan praktikum minimal 96 SKS tanpa nilai E sebelum mendaftar untuk program KKN PPM.

BACA JUGA:  apa yang dikehendaki allah dalam keluarga

Terdaftar sebagai Peserta KKN PPM di Fakultas yang Dibuktikan dengan KRS pada Semester saat KKN PPM Dilakukan

Persyaratan kedua adalah Anda harus terdaftar sebagai peserta KKN PPM di fakultas Anda. Hal ini dapat dibuktikan dengan KRS pada semester saat KKN PPM dilakukan. KRS atau Kartu Rencana Studi adalah dokumen yang memuat rencana studi mahasiswa untuk setiap semester. Pastikan bahwa Anda telah terdaftar pada fakultas Anda sebelum mendaftar untuk program KKN PPM.

Mengisi Pendaftaran Online dengan Jadwal yang Telah Ditentukan

Selanjutnya, Anda harus mengisi pendaftaran secara online melalui web dan melakukan pembayaran biaya KKN PPM sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pastikan bahwa Anda mengikuti jadwal yang telah ditentukan untuk pembayaran biaya KKN PPM agar tidak terlambat. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), dan pas foto.

Mengikuti Seluruh Sesi Pembekalan, General Test, dan Tes Kesehatan sesuai dengan Jadwal yang Ditentukan

Selama program KKN PPM, Anda juga harus mengikuti seluruh sesi pembekalan, general test, dan tes kesehatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda siap dan mampu menjalankan program KKN PPM dengan baik. Selain itu, sesi pembekalan juga akan memberikan informasi penting tentang program KKN PPM dan persiapan yang harus dilakukan.

Tidak Sedang Mengambil Mata Kuliah atau Praktikum Lain dan Tidak Sedang Hamil

Terakhir, pastikan bahwa Anda tidak sedang mengambil mata kuliah atau praktikum lain selama program KKN PPM. Bagi mahasiswi, pastikan juga bahwa Anda tidak sedang hamil. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda dapat fokus dan memberikan yang terbaik selama program KKN PPM.

BACA JUGA:  Latar Belakang KKN!! Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengabdi pada Masyarakat

Tips untuk Menjadi Peserta KKN PPM yang Sukses

Persiapkan Diri dengan Baik

Sebelum mengikuti program KKN PPM, pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik. Hal ini meliputi persiapan fisik dan mental. Pastikan bahwa Anda telah beristirahat dengan cukup, membawa perlengkapan yang dibutuhkan, serta membaca panduan dan informasi tentang program KKN PPM.

Berkomunikasi dengan Baik dengan Pendamping dan Masyarakat

Kunci kesuksesan dalam program KKN PPM adalah berkomunikasi dengan baik dengan pendamping dan masyarakat. Berbicaralah dengan sopan dan ramah, dengarkan dengan baik, dan jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang belum jelas.

Jangan Takut untuk Berinovasi

Program KKN PPM akan menghadirkan berbagai tantangan yang harus dihadapi. Jangan takut untuk berinovasi dalam menyelesaikan tantangan tersebut. Cari cara baru untuk mengatasi masalah dan berikan solusi yang kreatif. Hal ini akan membantu Anda untuk memperoleh pengalaman yang berharga dan meningkatkan kemampuan Anda dalam menyelesaikan masalah.

Jadilah Pengamat yang Cermat

Selama program KKN PPM, jadilah pengamat yang cermat terhadap lingkungan sekitar. Perhatikan masalah-masalah yang ada dan cari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Selain itu, jangan lupa untuk mencatat setiap pengalaman dan pelajaran yang Anda dapatkan selama program KKN PPM. Hal ini akan berguna untuk meningkatkan kemampuan Anda di masa depan.

Jangan Lupakan Tujuan Utama dari Program KKN PPM

Tujuan utama dari program KKN PPM adalah memberikan pengalaman lapangan dan pengabdian pada masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, jangan lupakan tujuan utama dari program ini dan jangan hanya berfokus pada nilai atau laporan yang harus dibuat. Nikmatilah setiap momen selama program KKN PPM dan berikan yang terbaik untuk masyarakat yang Anda layani.

BACA JUGA:  Program KKN Pertanian Agroteknologi!! Membangun Agrowisata Pedesaan Sebagai Alternatif Peningkatan Kesejahteraan Petani

Dalam mengikuti program KKN PPM, pastikan bahwa Anda memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan dan mempersiapkan diri dengan baik. Selain itu, jadilah peserta yang sukses dengan berkomunikasi dengan baik, berinovasi, menjadi pengamat yang cermat, dan tidak lupa dengan tujuan utama dari program KKN PPM. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengikuti program KKN PPM dengan sukses.