KKN reguler sering bikin kaget mahasiswa baru. Tapi jangan khawatir, ini dia penjelasan lengkap tentang KKN Reguler yang harus kamu tahu sebelum kuliah dimulai. Yuk, baca sekarang!
KKN reguler sering bikin kaget mahasiswa baru. Tapi jangan khawatir, ini dia penjelasan lengkap tentang KKN Reguler yang harus kamu tahu sebelum kuliah dimulai. Yuk, baca sekarang!

Jangan Kaget, KKN Reguler Bukan Hukuman Kok! Ini Dia Penjelasannya!

rumahteknologi.com – KKN reguler sering bikin kaget mahasiswa baru. Tapi jangan khawatir, ini dia penjelasan lengkap tentang KKN Reguler yang harus kamu tahu sebelum kuliah dimulai. Yuk, baca sekarang!

KKN Reguler adalah program kuliah kerja nyata yang diwajibkan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Selama 45 hari efektif, kita harus tinggal bersama-sama dengan masyarakat di suatu wilayah. Selain itu, kita juga harus bantuin masyarakat dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, lingkungan, dan sebagainya.

Mungkin ada yang udah bosen banget sama program ini karena mesti lama-lama tinggal jauh dari kampus dan enggak boleh ngikutin kegiatan akademik lainnya. Tapi sebenernya, KKN Reguler itu bisa memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi kita.

Kita bisa belajar banyak tentang kehidupan masyarakat di daerah, belajar cara bercocok tanam, dan belajar mengajar anak-anak di pedesaan. Pastinya, pengalaman ini akan sangat berkesan dan bermanfaat buat kita di masa depan.

Namun, untuk ikutan KKN Reguler juga ada syaratnya lho. Pastikan kamu udah memenuhi syarat yang ditentukan oleh perguruan tinggi terkait pelaksanaan KKN Reguler. Selain itu, kamu juga harus siap secara fisik dan mental karena bakal tinggal bersama-sama dengan masyarakat selama 45 hari efektif.

Jadi, KKN Reguler itu bukan hukuman kok! Meskipun memang ada beberapa kendala yang mungkin bakal kita hadapi selama program berlangsung, tapi pengalaman dan kontribusi positif yang kita berikan buat masyarakat itu nggak ada duanya. Jadi, jangan takut untuk ikutan program ini ya!

Bro dan sis, buat kalian yang masih bingung pilih KKN yang mana, sekarang ada pilihan lain nih selain KKN Reguler! Namanya adalah KKN Non-Reguler. Jadi, kegiatan ini sama-sama melibatkan mahasiswa dalam program pengabdian kepada masyarakat, tapi bisa diatur waktu pelaksanaannya yang lebih fleksibel sesuai kebutuhan mahasiswa.

BACA JUGA:  tombol mouse yang berfungsi untuk membuat blok adalah

Nah, kalo KKN Reguler kan harus tinggal selama 45 hari efektif di suatu wilayah tertentu, beda lagi dengan KKN Non-Reguler yang bisa dilakukan di luar kampus.

Jadi, kamu bisa lebih leluasa untuk memilih wilayah dan waktu pelaksanaannya. Misalnya, kamu bisa memilih untuk melakukan KKN Non-Reguler di daerah tempat tinggalmu atau di tempat yang kamu anggap perlu untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Namun, meskipun lebih fleksibel, bukan berarti KKN Non-Reguler ini bebas tanpa aturan ya. Kamu tetap harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh perguruan tinggi, seperti jam kerja dan program pengabdian yang akan dilakukan. Jangan sampai kamu salah pilih waktu pelaksanaannya dan malah bertabrakan dengan jadwal kuliah atau kegiatan lainnya ya!

Yang perlu diperhatikan lagi adalah masalah biaya KKN, antara Reguler dan non-Reguler pasti akan beda. Jadi pastikan terlebih dahulu untuk mempertimbangkannya juga bro.

Jadi, bro dan sis, pilihlah jenis KKN yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan pastikan kamu siap secara fisik dan mental untuk menjalankannya.

Jadi, untuk kamu yang ingin mengambil KKN sambil kuliah, kamu perlu tahu nih bahwa lokasi KKN dan akses internet itu sangat penting. Kalau lokasi KKN kamu dekat kampus, kamu bisa tetap ikut kuliah tatap muka seperti biasa.

Tapi kalau lokasi KKN jauh dari kampus, maka kamu harus memperhatikan akses internet yang tersedia. Pastikan deh akses internetnya cukup baik supaya kamu bisa ikut kuliah daring dengan lancar.

Tapi, kamu juga perlu tahu nih bahwa tidak semua jurusan wajib melaksanakan KKN. Setiap perguruan tinggi punya kebijakan sendiri-sendiri dalam menentukan program akademisnya, termasuk kebijakan soal pelaksanaan KKN.

Sebenarnya kalau bisa dikatakan jurusan yang biasanya ada tuh diantaranya ada KKN jurusan Manajemen, jurusan Hukum, Jurusan Kesehatan, dan masih banyak yang lain.

BACA JUGA:  bentuk pola lantai dalam tari kelompok

Tapi, sebenarnya KKN itu sangat penting loh, terutama untuk kamu mahasiswa yang ingin memperoleh pengalaman dan wawasan yang lebih luas dalam berinteraksi dengan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat sekitar, seperti peningkatan kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan matang dan memilih lokasi KKN yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga untuk masa depanmu. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini, ya!

`