tuliskan peristiwa konduksi pada teks tersebut

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “tuliskan peristiwa konduksi pada teks tersebut”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “tuliskan peristiwa konduksi pada teks tersebut”

Definisi kalor
Dalam kehidupan sehari-hari, Gramed harus menyadari energi panas, seperti memasak atau memanaskan sesuatu. Ini adalah saat terjadi perubahan suhu tubuh di mana panas bekerja. Perpindahan panas dari satu benda ke benda lain dapat berupa konduksi, radiasi (radiasi), dan aliran (konveksi).

Kalor adalah suatu bentuk energi yang dapat berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah jika keduanya digabungkan atau disentuhkan. Ketika dua benda dengan suhu berbeda disatukan, mereka akan tampak sebagai panas yang mengalir atau bergerak. Misalnya, ketika Grameds mencampurkan air dingin dengan air panas, akan menghasilkan air hangat.

Grameds perlu mengetahui perbedaan suhu dan panas. Suhu adalah nilai yang dapat diukur dengan termometer, sedangkan panas adalah energi yang mengalir pada satu suhu tubuh ke suhu lainnya. Menurut SI atau MKS satuan kalor adalah joule (J) sedangkan menurut CGS satuan kalor adalah erg dan untuk beberapa jenis makanan digunakan satuan kalori. Dapat dihitung bahwa satu kalori adalah jumlah energi panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 gram air hangat hingga satu derajat Celcius (C). Jadi bisa dikatakan 1 kalori = 4,184 J atau biasanya dibulatkan menjadi 4,2 J.

BACA JUGA:  berikut ini yang bukan merupakan struktur aransemen musik yaitu

Pengertian kalor dapat juga disebut sebagai energi panas yang dimiliki oleh suatu zat tertentu, untuk mengetahuinya diperlukan suatu alat pengukur suhu benda tersebut. Denda dapat memperhatikan air panas yang tertinggal di luar ruangan, dan lambat laun akan menjadi dingin karena ada panas yang dilepaskan oleh zat air di udara. Hal-hal yang dapat mempengaruhi kenaikan dan penurunan suhu pada benda adalah besarnya kalor, massa benda, dan jenis benda itu sendiri.

Panas secara alami berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah, sehingga cenderung menyamakan suhu kedua benda ketika bertemu atau bersentuhan. Jika suhu suatu benda tinggi, panas yang dikandungnya juga sangat besar. Sebaliknya, jika suhu tubuh rendah, panasnya juga kecil. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jumlah kalor yang terkandung dalam suatu benda atau zat menyesuaikan dengan 3 faktor, yaitu massa zat, jenis zat (kalor jenis), dan perubahan suhu.

Kalor kemudian bisa menaikan atau menurunkan suhu, jadi semakin besar kenaikan suhu, kalor yang diterima pun semakin banyak. Sebaliknya, kenaikan suhu yang kecil akan membuat kalor yang diterima juga sedikit. Itu artinya, hubungan kalor (Q) akan berbanding lurus atau sebanding dengan kenaikan suhu (∆ T), jika massa (m) dan kalor jenis zat ( c) suatu benda itu tetap.

Macam-macam Perpindahan Kalor
Dari penjelasan pengertian, jenis, rumus, dan perubahan kalor di atas jelas menunjukan bahwa kalor juga berpindah atas pertemuan benda yang bersentuhan atau mengatur. Dari gejala itu, ada beberapa jenis perpindahan kalor yang bisa terjadi seperti berikut ini:

1. Konduksi
Perpindahan kalor secara konduksi terjadi dengan melewati zat perantara seperti logam tanpa disertai perpindahan partikel- partikel secara permanen di dalam zat itu sendiri. Contohnya ketika memanaskan ujung logam, maka ujung logam lainnya juga ikut panas. Hal ini terjadi karena adanya hantaran kalor dari suhu yang tinggi menuju suhu yang lebih rendah.

BACA JUGA:  saya jual barang ini dengan harga sekian kalimat ini termasuk

2. Konveksi
Konveksi adalah salah satu perpindahan kalor yang melewati suatu zat disertai dengan perpindahan bagian-bagian zat- zat itu sendiri. Perpindahan secara konveksi ini bisa terjadi pada zat cair atau gas

3. Radiasi
Radiasi adalah perpindahan kalor yang tidak menggunakan zat perantara sama sekali. Radiasi tidak sama dengan konduksi dan konveksi dalam memindahkan kalor. Perpindahan kalor secara radiasi tidak selalu mengharuskan kedua benda untuk bertemu atau saling bersentuhan karena kalor tersebut dapat berpindah tanpa zat perantara. Itu artinya kalor akan dipancarkan ke semua arah oleh sumber panas dan kemudian mengalir ke semua arah yang bisa dituju.

Kesimpulan

Peristiwa konduksi yang ada pada teks tersebut antara lain adalah

  • Pada persitiwa ibu memasak sayur-sayuran dengan menggunakan panci. Terjadi perpindahan panas dari kompor secara konduksi ke panci sehingga dapat memanaskan sayur.
  • Pada persitiwa sendok logam ketika dimasukkan ke dalam sayur panas akan turut panas yang disebabkan oleh panas berpindah secara konduksi dari kuah sayur ke sendok logam.***
`