yang merupakan kajian objek biologi adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “yang merupakan kajian objek biologi adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “yang merupakan kajian objek biologi adalah”

Pengertian biologi

Biologi atau ilmu kehidupan adalah studi tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Biologi modern sangat luas dan eklektik, dan terdiri dari berbagai cabang dan subdisiplin. Namun, meskipun cakupannya luas, ada beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, menyatukannya dalam satu bidang.

Biologi umumnya mengakui sel sebagai unit dasar kehidupan, gen sebagai unit dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru. Selain itu, organisme diyakini bertahan hidup dengan mengkonsumsi, dan mengubah energi dan dengan mengatur keadaan internal mereka agar tetap stabil, dan vital.

Berikut ini adalah contoh-contoh cabang biologi:

1. ANATOMI

Anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur organisme pada hewan, tumbuhan dan manusia, atau definisi lainnya adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur atau susunan tubuh organisme dan hubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya. Secara bahasa, anatomi berasal dari bahasa Yunani yang berarti pembedahan atau pemotongan.

2. FISIOLOGI

Fisiologi adalah cabang biologi yang mempelajari fungsi sistem kehidupan. Istilah fisiologi dipinjam dari bahasa Belanda, physiologie, yang terdiri dari dua kata Yunani kuno physis yang berarti “belajar”. Istilah “faal” diambil dari bahasa Arab yang berarti “logia”, yang artinya (belajar). Istilah “faal” diambil dari bahasa Arab, dengan arti “tanda”, “fungsi”, “pekerjaan”. Fisiologi menggunakan berbagai metode untuk mempelajari biomolekul, jaringan, sel, organ, organisme, dan sistem organ yang secara keseluruhan menjalankan fungsi kimia dan fisiknya untuk mendukung kehidupan.

BACA JUGA:  kegiatan kkn di desa

3. TAKSONOMI

Taksonomi adalah ilmu cabang biologi yang mengkaji penamaan, pengelompokan dan perincian makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan sifat-sifatnya. Nama kelompok klasifikasi disebut takson (taksa jamak). Dalam ilmu ini akan dipelajari tentang tata cara pengelompokan yang disebut taksonomi. Takson yang paling rendah dan paling spesifik adalah spesies, sedangkan takson yang paling tinggi dan lebih inklusif atau bisa juga disebut umum adalah kingdom.

4. HISTOLOGI

Histologi (histologi) adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari sel dan jaringan tumbuhan, hewan dan manusia. Histologi berasal dari kata Yunani “histos” yang berarti jaringan, dan “logia” yang berarti pengetahuan. Jika digabungkan, kedua kata ini akan berarti analisis komposisi, struktur, dan fungsi jaringan. Disiplin ilmiah juga mempelajari sel dan organ. Sel dan jaringan dipelajari sampai ke tingkat mikroskopis untuk mengetahui adanya penyakit atau kelainan lainnya.

5. GENETIKA

Genetika (berasal dari kata pinjaman bahasa Belanda: genetica, saduran dari bahasa Inggris: genetics, dibentuk dari kata Yunani: γέννω, genno yang artinya “melahirkan”. Cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat disebut genetika atau gen. Adapun apa yang dipelajari dalam cabang biologi ini, seperti virus dan prion.

6. EKOLOGI

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungan dan lainnya. Dengan kata lain, cabang biologi yang khusus mempelajari interaksi dalam ekosistem disebut ekologi.

7. ZOOLOGI

Pengertian Zoologi berdasarkan bidang biologi adalah cabang biologi yang mempelajari fungsi, struktur, evolusi, dan perilaku hewan. Selain itu, zoologi juga mencakup anatomi komparatif, biologi molekuler, psikologi hewan, biologi evaluasi, ekologi perilaku, paleontologi, dan taksonomi.***

`