patung wayang golek dan gerabah merupakan jenis seni rupa terapan

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “patung wayang golek dan gerabah merupakan jenis seni rupa terapan”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “patung wayang golek dan gerabah merupakan jenis seni rupa terapan”

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan satu-satunya jenis seni rupa yang diciptakan dengan tujuan utama memberikan nilai fungsional atau estetika yang berbeda dengan nilai estetika aslinya. Karena alasan inilah seni terapan, kadang-kadang dikenal dengan nama lain, adalah sesuatu yang banyak dari kita pikirkan sepanjang hari karena melayani lebih dari sekedar tujuan estetika dan praktis. Sehingga seni rupa ini dapat memenuhi kebutuhan kita untuk aktivitas sehari-hari.

Fungsi Seni Rupa Terapan
1. Fungsi individual

Setiap manusia memiliki ciri-ciri psikologis dan fisik yang unik yang masing-masing dapat memiliki fungsi tertentu atau pribadi. Fungsi individu dalam sistem fisik dapat mencakup pemenuhan kebutuhan dasar seperti pakaian, persiapan makanan, perumahan, transportasi, dan hal-hal lain. Fungsi individu dalam keadaan psikologis atau emosional, bagaimanapun, bisa menyenangkan dan mengasyikkan saat menggunakan tikungan seni yang disebutkan di atas.

2. Fungsi Sosial

Karya Seni Terapan Memiliki Fungsi Sosial Yang Dapat Diidentifikasi Dan Bermanfaat Bagi Orang Banyak Atau Ekosistem Yang Dibidik. Dalam praktik nyata, fungsi karya seni sosial dapat mengambil beberapa bentuk, seperti di bawah ini:

BACA JUGA:   Panduan Menulis Laporan Magang Berkualitas, Tips dan Trik yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai Reaksioner Atau Hiburan
Karya seni dapat menghilangkan kejenuhan dari berbagai macam masalah, seperti beban pekerjaan, masalah pribadi, dan masalah lainnya. Contoh karya seni terapan yang memiliki fungsi hiburan adalah film, komik, photo booth, dan lainnya.

Sebagai Sarana Komunikasi
Karya seni dapat menjadi media untuk memberikan informasi maupun menampung keluhan orang banyak sebagai ekspresi diri. Contoh karya seni terapan yang memiliki fungsi komunikasi adalah iklan, poster, spanduk, website, dan sebagainya.

Sarana Pendidikan Atau Edukasi
Seni terapan dapat menjadi sarana penunjang dalam bidang pendidikan karena dunia seni mampu berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Contoh karya seni yang memiliki fungsi dalam bidang pendidikan adalah ilustrasi dalam buku pelajaran, poster tata cara prosedur suatu sistem, dan sebagainya.

Bentuk Religi Atau Keagamaan
Selain pendidikan, seni rupa terapan juga bisa menjadi media seseorang dengan keagamaan yang mereka anut. Contoh seni terapan yang bisa kita temukan dalam keagamaan adalah pakaian religi modern, perabotan rumah tangga bernuansa religi, hingga kebutuhan ibadah yang beragam.

Unsur Seni Rupa Terapan

Jika Grameds tertarik ingin membuat karya seni terapan maka perlu memperhatikan beberapa unsur yang ada didalamnya. Karena karya seni terapan terapan memiliki nilai fungsi yang tinggi maka unsur-unsurnya harus digunakan agar tujuan karya tersebut dapat tercapai. Berikut ini unsur-unsur yang perlu diketahui Grameds saat membuat karya seni terapan:

1.Arah

Arah adalah unsur seni rupa yang ditunjukan dengan lurus, belok, horizontal, vertikal, condong, dan sebagainya. Karya yang memiliki arah condong dan belok-belok akan lebih terkesan dinamis, sedangkan gerak yang arahnya horizontal atau vertikal akan terkesan lebih stabil.

2.Garis

Garis adalah unsur seni rupa yang sederhana dan mudah digunakan sebagai alat ekspresi dalam membuat karya seni. Garis juga menjadi unsur kuno yang masih dimanfaatkan untuk menciptakan karya seni terapan hingga kini. Ada tiga karakter garis, yakni garis bias yang terkesan emosional dan kaku, garis tipis yang terkesan lembut, dan garis tebal yang terkesan lebih tegas.

BACA JUGA:  hikmah dilaksanakannya puasa arafah adalah

3. Ukuran

Ukuran jadi unsur yang penting dalam karya seni terapan yakni berupa besar kecil, panjang pendek, lebar sempit, dan sebagainya. Unsur ukuran inilah yang dapat menimbulkan kesan do dalam pemaknaan karya tersebut.

4. Bangunan

Unsur bangunan atau bentuk dapat menjadi bidang atau area dan pola yang terbentuk. bentuk contohnya segitiga, kotak, kubis, lingkaran, dan sebagainya.***

`