sikap yang tepat jika orang tua sedang sakit
sikap yang tepat jika orang tua sedang sakit

sikap yang tepat jika orang tua sedang sakit

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “sikap yang tepat jika orang tua sedang sakit”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “sikap yang tepat jika orang tua sedang sakit”

Sikap yang tepat jika orang tua sedang terbaring sakit yaitu dengan merawatnya dengan penuh kasih sayang dan keikhlasan. Hal ini termasuk sebagai salah satu perbuatan berbakti pada orang tua, seperti yang diperintahkan Allah SWT pada manusia.

Setiap manusia sudah seharusnya menghormati dan berbuat baik pada kedua orang tua mereka, serta bersyukur telah memiliki orang tua yang sudah melahirkan dan merawat mereka.
Dalil Mengenai Kewajiban Menghormati Orang Tua
Dalam Al-Qur’an dan hadis sudah disampaikan bahwa sepatutnya manusia berbakti pada orang tua. Allah pernah berfirman dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 14 yang artinya:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (Q.S. Luqman/31:14).

Kewajiban menghormati orang tua juga terdapat pada surat An-Nisa ayat 36 yang artinya:

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.” (Q.S. An-Nisa/4:36).

BACA JUGA:  dalam menghadapi mea maka indonesia perlu

Sementara, salah satu hadis yang menyinggung mereka yang durhaka pada orang tua disampaikan dalam hadis riwayat Muslim yang berbunyi:

“Hinalah ia, hinalah ia dan hinalah ia.” Lalu ada yang bertanya, “Siapa wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu orang yang mendapatkan orang tuanya sudah tua; salah satunya atau kedua-duanya tetapi ia tidak masuk surga.” (HR. Muslim).

Sikap Terpuji Saat Orang Tua Mengalami Hari Buruk.
Sesuai dengan apa yang telah dikatakan sebelumnya, tindakan yang tepat ketika seseorang mengalami gejala penyakit adalah mengeong sambil menunjukkan kurangnya kasih sayang dan keikhlasan. Selain itu, perlu juga mengungkapkan adab terhadap yang lebih tua.

1. Mencintai dan sayang kepada orang yang lebih tua

Seorang muslim menyadari bahwa kedua orang tuanya memiliki jasa yang besar terhadapnya. Sebab, keduanya telah mengerahkan pikiran dan tenaga untuk merawat, membesarkan, mendidik, dan menyenangkan anaknya.

2. Menaati orang tua

Dalam semua kasus, kecuali jika dua orang yang bersangkutan menyuruh melakukan maksiat, seorang Muslim akan membatalkan perintah perintah dengan orang lain.

3. Menafkahi dan menanggung orang tua

Seorang Muslim juga wajib menanggung dan menafkahi orang tua agar mereka memenuhi kehendak Allah. Jika Saya Orang Yang Memiliki Banyak Harta, Maka Ketika Orang Membutuhkannya Di Setiap Harta Itu Sendiri, Saya Harus Memberikannya Kepada Mereka.

4. Membantu orang tua

Demikianlah seharusnya sikap yang seharusnya dilakukan seorang muslim terhadap kedua orang tuanya, yakni banyak mendoakan kedua orang tuanya. Itulah akhlak para nabi. Mereka berbakti pada kedua orang tuanya dan mendoakan kebaikan pada mereka.***