mendukung pembangunan nasional merupakan wujud cinta tanah air di lingkungan

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “mendukung pembangunan nasional merupakan wujud cinta tanah air di lingkungan”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “mendukung pembangunan nasional merupakan wujud cinta tanah air di lingkungan”

Memahami Cinta Tanah Air
Definisi Cinta Tanah Air adalah perasaan kebangsaan dan milik tanah tertentu. Perasaan tersebut diwujudkan dalam sikap rela berkorban untuk mempertahankan wilayahnya dari berbagai macam gangguan dan ancaman. Pentingnya cinta tanah air ini menjadikannya sifat atau kebiasaan alami manusia yang dimiliki sejak lahir. Menurut leksikon besar bahasa Indonesia, patriotisme adalah perasaan yang terpancar dari hati seorang warga negara untuk mengabdi, mempertahankan, memelihara, dan melindungi tanah airnya dari berbagai macam ancaman dan gangguan.

Patriotisme berarti mempertahankan diri dari segala macam gangguan dan ancaman yang datang dari mana saja. Selain itu patriotisme juga merupakan rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa hormat, loyalitas yang tinggi dan juga rasa hormat yang dimiliki setiap individu terhadap negara tempatnya tinggal dan yang dapat tercermin dalam perilaku bela negaranya. . Melindungi dan melindungi ibu pertiwi, rela berkorban demi kebaikan bersama, mencintai dan melestarikan adat dan budaya sendiri semuanya termasuk dalam patriotisme.

Sering kali, patriotisme juga dikenal sebagai nasionalisme. Secara sederhana, nasionalisme ini adalah paham nasionalisme yang merupakan kesetiaan tertinggi manusia terhadap bangsa dan negaranya. Patriotisme pada dasarnya merupakan bagian integral dari setiap warga negara. Sebagaimana konsep patriotisme yang telah dijelaskan sebelumnya, istilah ini sangat identik dengan nasionalisme.

BACA JUGA:  Contoh dan Cara Jitu Menulis Laporan KKN Kelompok yang Disukai Dosen

Pada saat yang sama, patriotisme juga merupakan pengamalan dan perwujudan dari prinsip persatuan Indonesia yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Kesadaran patriotisme ini pada dasarnya berbakti pada negara dan rela berkorban membela negara. Oleh karena itu, rasa cinta tanah air harus ditanamkan dalam jiwa setiap orang sejak dini yang menjadi warga negara atau bangsa agar tujuan hidup bersama dapat tercapai.

Patriotisme tercermin dalam perilaku bela tanah air, menjaga dan melindungi tanah air, rela berkorban demi tanah air dan tanah air, dan mencintai adat atau budaya yang ada di negara dengan melestarikannya.

Cinta tanah air merupakan cara berbuat, bersikap, serta berpikir yang selalu menunjukkan rasa cinta pada tanah air serta menunjukkan kesetiaannya pada bangsa dan negara. Mencintai tanah air dapat juga diartikan mengabdi kepada negara dan rela berkorban untuk membela negara. Mencintai tanah air merupakan sikap yang sangat menghargai bahasa nasional, lingkungan alam, sosial budaya, ekonomi dan politik. 

Menanamkan sikap cinta tanah air mempunyai manfaat dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  1. Bermanfaat untuk menumbuhkan sifat dan perilaku yang senantiasa akan membela tanah air
  2. Bermanfaat untuk menumbuhkan sifat dan perilaku yang senantiasa akan melindungi dan menjaga tanah air
  3. Bermanfaat untuk menumbuhkan sifat dan perilaku yang senantiasa akan rela berkorban demi kepentingan tanah air. 
  4. Bermanfaat untuk menumbuhkan sifat dan perilaku yang senantiasa akan mencintai adat istiadat, budaya dan berbagai keragaman yang ada di tanah air.
  5. Bermanfaat untuk menumbuhkan sifat dan perilaku yang senantiasa akan melestarikan alam, lingkungan dan apapun yang ada di tanah air. 

Rasa cinta tanah air dapat diterapkan pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

BACA JUGA:  kata kata perpisahan kkn untuk teman

Contoh rasa cinta tanah air di lingkungan keluarga yaitu:

  • Menjaga persatuan, kesatuan dan keharmonisan keluarga.
  • Saling menjaga dan menghormati anggota keluarga.

Contoh cinta tanah air di lingkungan sekolah yaitu:

  • Mengikuti upacara bendera dengan khidmat dan khusyu.
  • Belajar dengan giat dan sungguh-sungguh.
  • Menjaga kesatuan dan persatuan dengan tidak bertengkar.

Contoh cinta tanah air di lingkungan masyarakat yaitu:

  • Mengikuti kegiatan bela negara.
  • Mendukung  dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional.
  • Melindungi lingkungan dan mencegah pencemaran.
`