nama nama dataran rendah di pulau sumatera

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “nama nama dataran rendah di pulau sumatera”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “nama nama dataran rendah di pulau sumatera”

Sumatera merupakan pulau yang memiliki beberapa dataran rendah. Sebagian besar dataran rendah di Pulau Sumatera berada di Provinsi Jambi. Hal ini dikarenakan Jambi memang memiliki wilayah yang relatif rendah dibandingkan dengan provinsi lain di Sumatera.

Dataran rendah adalah hamparan tanah atau bidang datar dengan ketinggian yang relatif rendah, tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut.

Sedangkan dataran tinggi, yaitu dataran yang berada pada ketinggian di atas 700 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil dari erosi dan sedimentasi.

Ingin tahu nama dataran rendah yang ada di Pulau Sumatera? Simak artikel berikut ini.

1. Pertajam

Asahan merupakan dataran rendah di Pulau Sumatera yang memiliki kemiringan yang curam. Asahan merupakan sebuah kabupaten yang termasuk dalam wilayah Sumatera Utara dan terletak di pesisir timur.

Dataran rendah ini berada pada kisaran ketinggian antara 0-1000 meter di atas permukaan laut. Pesisir Asahan secara umum tergolong datar dengan kemiringan sekitar 0-3 persen.

Dataran pesisir kabupaten ini memiliki ketinggian berkisar antara 0-200 meter sebagai dataran rendah. Arus sungai dan laut menyebabkan wilayah pesisir di kabupaten ini sering mengalami banjir.

BACA JUGA:  Pengabdian dalam Bidang Bisnis, Bisnis yang Berkelanjutan dan Bertanggung Jawab Sosial

2.Muaro Jambi

Muaro Jambi merupakan salah satu dataran rendah yang terkenal di Sumatera. Kawasan tersebut menyimpan sejumlah objek wisata sejarah.

Muaro Jambi merupakan kabupaten yang juga berada di Provinsi Jambi, seperti Merangin dan beberapa kabupaten sebelumnya.

Kabupaten dengan luas sekitar 5.246 km2 ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Batanghari. Beberapa tempat wisata di kawasan Muaro Jambi adalah Monumen Keris Siginjai, Candi Muaro Jambi, hingga Candi Gumpung.

3. Batanghari

Batanghari merupakan salah satu dataran rendah terluas di Pulau Sumatera.

Kabupaten Batanghari merupakan daerah yang memiliki wilayah berupa dataran rendah dan rawa.

Kabupaten yang merupakan salah satu kabupaten terluas di Jambi ini memiliki luas sekitar 580.483 hektar.

4.Tanjung Jabung Timur

Tanjung Jabung Timur merupakan daerah dataran rendah di Jambi yang berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Riau. Kabupaten ini memiliki ibu kota bernama Muara Sabak.

Lokasinya tidak jauh dari pantai dan juga berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Riau. Tanjung Jabung Timur memiliki luas sekitar 5.445 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 200.000 jiwa.

Kawasan yang luasnya sekitar 10,86 persen dari Provinsi Jambi ini memiliki panjang pantai sekitar 90,5 persen dari panjang pantai Jambi.

5.Tanjung Jabung Barat

Tanjung Jabung Barat merupakan dataran rendah di Jambi dengan ketinggian 0-100 meter di atas permukaan laut. Bersama dengan Tanjung Jabung Timur, kedua kecamatan ini awalnya merupakan satu kesatuan dan menjadi bagian dari Kabupaten Tanjung Jabung.

Tanjung Jabung Barat memiliki kisaran ketinggian antara 0-100 meter. Wilayah barat Tanjung Jabung meliputi luas sekitar 5.009,82 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 300.000 jiwa.

Tanjung Jabung Barat memiliki berbagai wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Contohnya adalah Wisata Alam Latihan Gajah yang berlokasi di Tungkal Ulu dan Pantai Ancol yang berada di Kuala Tungkal.

BACA JUGA:  berikut ini termasuk persiapan pementasan drama

6. Merangin

Merangin merupakan dataran rendah yang juga cukup dikenal oleh wisatawan. Terdapat sejumlah obyek wisata di dataran rendah yang merupakan bagian dari Provinsi Jambi.

Beberapa di antaranya adalah Geopark Merangin, Prasasti Karang Berahi, Tugu Pedang, dan lain sebagainya.

Kabupaten Merangin memiliki luas wilayah 7.668,61 km2. Kabupaten ini memiliki dataran tinggi dan dataran rendah dengan ketinggian berkisar antara 46-1.206 meter di atas permukaan laut.

`