sebutkan tiga contoh interaksi manusia dengan alam yang berdampak positif

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “sebutkan tiga contoh interaksi manusia dengan alam yang berdampak positif”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “sebutkan tiga contoh interaksi manusia dengan alam yang berdampak positif”

Sebutkan dan Jelaskan Contoh Interaksi Manusia dengan Alam, Berikut Penjelasannya

Apakah Anda menemukan pertanyaan menyebutkan dan menjelaskan contoh interaksi manusia dengan alam? Mari kita ketahui berbagai contoh interaksi manusia dengan alam di bawah ini.

Sebagai makhluk hidup, manusia tidak dapat hidup sendiri dan selalu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya seperti lingkungan alam. Lingkungan alam ini dapat berupa tumbuhan atau hewan. Lalu, apa jawaban dari menyebutkan dan menjelaskan contoh interaksi manusia dengan alam?

Berikut adalah 3 contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam.

Tanaman air

Ketika Anda menyirami tanaman hias atau bunga, itu adalah salah satu interaksi positif antara manusia dan alam sekitarnya. Penyiraman tanaman perlu dilakukan untuk mencegah tanaman mengering dan mati.

Jika Anda rajin menyirami tanaman dua kali sehari, berarti Anda telah menjaga lingkungan alam di sekitar Anda.

Penanaman Pohon / Reboisasi

Penghijauan merupakan salah satu cara untuk mengatasi penggundulan hutan dengan menanam banyak pohon baik di hutan maupun di sekitar rumah. Penghijauan ini mencakup interaksi positif antara manusia dan alam.

BACA JUGA:  apa tegese tembung renteng renteng

Sedangkan menebang pohon sembarangan untuk dijadikan furniture merupakan interaksi yang negatif. Lalu apa akibat dari interaksi negatif manusia dengan lingkungan alam? Akibatnya, hutan dapat gundul dan dapat menyebabkan erosi dan banjir.

Untuk menjaga kelestarian alam, maka perlu dilakukan penghijauan.

Memberi Makan Kucing

Makhluk yang hidup di alam tidak hanya terdiri dari tumbuhan tetapi juga hewan. Salah satu contoh interaksi manusia dengan lingkungan adalah memberi makan kucing. Saat Anda memberi makan kucing Anda telah melakukan perbuatan baik karena kucing yang kelaparan bisa mati.

Hal ini tidak hanya berlaku pada kucing saja, termasuk hewan lain seperti ayam, burung dan sebagainya.

Bersihkan Sungai

Sungai adalah salah satu bagian dari lingkungan alam yang harus Anda jaga. Sungai yang tercemar dapat menyebabkan air keruh dan ikan mati. Maka dari itu anda harus menjaganya dengan tidak membuang sampah di sungai dan membersihkannya.

Pembersihan sungai biasanya dilakukan dengan kerja bakti dan termasuk interaksi positif antara manusia dan lingkungan.

budidaya ikan

Terakhir, budidaya ikan. Budidaya ikan juga termasuk interaksi manusia dengan hewan. Ikan yang dipelihara nantinya akan berguna bagi manusia lainnya. Itulah jawaban untuk menyebutkan dan menjelaskan contoh interaksi manusia dengan alam. Lingkungan alam harus dijaga untuk kelangsungan hidup manusia. Jadi, Anda harus melindungi dan merawat tanaman, hewan, dan lingkungan agar tidak tercemar dan tetap lestari.

Interaksi antara manusia dan lingkungan alam adalah sebagai berikut:

1) manusia yang menanam tumbuhan.

2) penebangan pohon.

3) penggalian tanah untuk area pertambangan.

4) petani yang menyesuaikan musim hujan sebagai waktu menanam padi.

Demikian penjelasan mengenai sebutkan tiga contoh interaksi manusia dengan alam yang berdampak positif, semoga bermanfaat.***

BACA JUGA:  bagaimana cara membuat kemasan produk peralatan sekolah sederhana
`