pengertian informatika adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “pengertian informatika adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “pengertian informatika adalah”

Seperti yang kita ketahui, informasi dapat direkam atau ditransmisikan, termasuk tanda, atau sinyal (gelombang).

Perlu diketahui bahwa bidang ini mempertimbangkan interaksi antara sistem informasi dengan pengguna atau user, serta pengembangan antarmuka antara keduanya, seperti User Interface (UI).

Karena begitu banyak informasi (baca lebih lanjut pengertian informasi di sini) yang dapat disimpan secara digital, kita dapat memanipulasinya dengan menggunakan komputer.

Selain itu, karena banyaknya informasi yang ada, komputasi seringkali menjadi satu-satunya cara untuk membuat informasi tersebut berguna bagi umat manusia.

Sehubungan dengan itu pada postingan kali ini kita akan membahas apa itu informatika atau informatika dengan penjelasan lebih detail dan lengkap meliputi sejarah, tujuan, dan kepentingannya.

Langsung saja yuk simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Informatika

Informatika adalah studi tentang perilaku dan struktur sistem apa pun yang menghasilkan, menyimpan, memproses, dan kemudian menyajikan informasi berdasarkan kesimpulan kami yang bersumber dari situs Technopedia.

Seperti yang kami jelaskan di atas, pada dasarnya ini adalah ilmu informasi.

Bidang ini mempertimbangkan interaksi antara sistem informasi dan pengguna, serta pengembangan antarmuka antara keduanya, seperti antarmuka pengguna.

BACA JUGA:  jelaskan proses penyaringan air dengan cara graffiti led filtering system

Apa itu Informatika?

Lalu, apa yang dimaksud dengan informatika?

Berarti informatika dalam bahasa Indonesia, informatika adalah segala sesuatu yang meliputi struktur, sifat, dan juga hubungan beberapa sistem yang digunakan dalam mengumpulkan data, mengolah dan menyimpan hasil pengolahan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam bidang informatika meliputi beberapa jenis bidang antara lain :

Ilmu Komputer
Ilmu Informasi
Sistem Informasi
Teknik Komputer
Program atau aplikasi informasi (terkandung dalam sistem informasi manajemen)

Aspek informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer, karena masih banyak informasi yang tidak dapat dan tidak dapat diolah dengan perangkat komputer yang dapat dimasukkan dalam aspek informatika atau informatika ini.

Informatika memiliki konsep dasar, teori, dan pengembangan perangkat lunak (software development) sendiri.

Hal ini dapat mendukung hal-hal yang berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk mengenai dampak dan konsekuensi sosial dari teknologi informasi yang ada secara umum.

Pemanfaatan informasi yang ada pada beberapa bidang lain, misalnya seperti bioinformatika, informatika kedokteran, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan adalah beberapa contoh lain yang dilakukan oleh bidang informatika.

Pengertian Informatika Menurut Para Ahli

1. Philippe Dreyfus dan l`Academie Francaise

Menurut Philippe Dreyfus dan l`Academie Francaise, dalam pendefinisian kata informatika, atau informatics adalah kumpulan disiplin ilmu (scientific discipline) dan disiplin teknik (engineering discipline) dimana secara khusus mereka menyangkut transformasi atau pengolahan oleh “fakta simbolik” (data atau informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis seperti komputer.

BACA JUGA:  urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah

2. Wikipedia

Menurut Wikipedia, informatika merupakan cabang dari rekayasa informasi.

Ini melibatkan praktik pengolahan informasi dan rekayasa sistem informasi dan sebagai bidang akademik dimana ini adalah bentuk dari ilmu informasi yang diterapkan.

Bidang ini mempertimbangkan interaksi antara manusia dan informasi di samping pembangunan antarmuka, organisasi, teknologi dan sistem.

Dengan demikian, bidang informatika ini adalah bidang sangat luas dan mencakup banyak subspesialisasi, termasuk disiplin ilmu komputer, sistem informasi, teknologi informasi, dan juga statistik.

3. KBBI (2016)

Mengutip di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), informatika adalah ilmu tentang pengumpulan, pengklasifikasian, aktivitas simpan, keluaran, dan penyebaran pengetahuan yang di-record.

Masih mengutip KBBI, di sana juga dijelaskan bahwa itu mengacu pada beberapa hal terkait informasi.

4. Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

Sementara itu, menurut Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), khususnya pada halaman 3, informatika merupakan jenis lingkup ilmu berkenaan dengan studi rancangan, dan development dalam sistem komputasi, serta beberapa prinsip yang menjadi dasar perancangan dan pengembangannya.***

`