dibawah ini termasuk teknik dasar permainan softball

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan membahas “dibawah ini termasuk teknik dasar permainan softball”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “dibawah ini termasuk teknik dasar permainan softball”

Teknik dasar permainan softball

Softball adalah olahraga yang mirip dengan bisbol. Artikel ini akan menjelaskan pengertian softball, sejarahnya, dan teknik dasar permainannya.
Olahraga ini dimainkan oleh kedua timnya dengan aturan dan teknik dasar. Dalam sofbol, memukul adalah kunci untuk mencetak poin maksimal, dan keterampilan dibutuhkan untuk menghasilkan pukulan yang bagus.

Dalam bukunya Softball Steps to Success, Diane L. Potter berpendapat bahwa olahraga merupakan permainan yang menyenangkan tetapi membutuhkan keterampilan yang kompleks. Pemain didorong untuk berlatih sampai serangan mereka berkembang dengan baik.

definisi softball
Softball berasal dari luar negeri, sehingga banyak orang mungkin tidak mengetahuinya. Menurut Agus Mukholid, permainan softball juga dikenal sebagai indoor baseball-nya.

Istilah ini mengacu pada olahraga kelompok mana pun dalam kategori memukul bola. Di Indonesia olahraga seperti softball mirip dengan bisbol tetapi cenderung mengutamakan ketangkasan dan kecerdasan.

sejarah softball
Softball berasal dari Amerika Serikat dan ditemukan oleh Hancock di Chicago pada tahun 1887. Pada saat itu softball dimainkan di dalam ruangan, tetapi pada tahun 1930 dimulai di luar ruangan.

Softball luar aturannya dimulai oleh H. Fiscer dan MJ Panley. Permainan sofbol pertama kali masuk dalam agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) Indonesia pada PON VII yang diselenggarakan di Surabaya.

aturan dan angka softball
Sebuah tim terdiri dari 9 pemain: 1 pitcher, 2 catcher, dan basemen ke-3, ke-4, dan ke-5. Pemain 6 berperan sebagai shortfielder dan shortfielder, sedangkan pemain 7, 8 dan 9 berperan sebagai left he fielder, center fielder dan right he fielder.

BACA JUGA:  contoh id card kkn

Aturan softball meliputi:

Pemain tim dia terdiri dari 9 orang.
Tim yang bersaing ditentukan dengan menarik undian dengan koin atau dengan kesepakatan bersama dari kedua tim itu sendiri.
Sebuah permainan dianggap legal jika memiliki tujuh inning atau satu inning dari permainan softball.
Sebuah inning adalah bagian dari permainan di mana sebuah tim mengalami pertahanan dan pukulan. Kemudian di setiap tim dia memiliki tiga “out”.
nilainya, jika pelari atau pemukul dapat dengan aman memasuki ruangnya dengan bebas, dia mencetak satu larinya.
Saat seorang pelari memasuki ruang kosong, ia dipanggil keluar, atau biasanya mati.
Teknik dasar softball
Terdapat pula teknik dasar dalam olahraga sofbol yang terbagi menjadi beberapa jenis.

1. Teknik Melempar Bola
Saat permainan dimulai, setiap tim dipantau di wilayahnya masing-masing. Pitcher berusaha melempar bola sekuat mungkin ke arah sarung tangan catcher. Bola pelempar harus dipukul oleh pemain dari tim lawan.

Harap dicatat bahwa ada area khusus yang disebut Strike Zone. Jika bola tidak mengenai zona tersebut, wasit menyebut “pukulan”. Itu sebabnya pelempar harus melempar bola dengan baik.

Secara khusus, teknik melempar bola dalam softball meliputi:

Lemparan atas adalah gerakan mengangkat lengan dan melewati garis horizontal sendi bahu. Tembakan ekstra biasanya digunakan untuk melempar bola lebih jauh.
Downcast, biasanya untuk lemparan jarak dekat, membutuhkan tempo yang lebih cepat.
Tempo cepat diperlukan untuk lemparan mendatar dan tembakan jarak dekat, namun lintasan bola lurus dan mengenai sasaran dengan cepat.
2. Teknik menangkap bola
Selain melempar bola, permainan softball juga membutuhkan kemampuan pemain dalam menangkap bola. Jika pelempar diinstruksikan untuk melempar bola, penangkap harus siap menangkapnya. Oleh karena itu, skill seorang catcher harus mumpuni dalam hal menangkap bola. Teknik menangkap bola yang biasa digunakan dalam olahraga ini antara lain:

BACA JUGA:  Penyebab Program KKN Gagal Total, Simak Penyebabnya

menangkap bola rendah
meluruskan bola
Menangkap bola tinggi.
lapangan sofbol
Lapangan softball berbentuk persegi dan dibagi menjadi area yang adil dan area yang busuk. Taman hiburan memiliki dua sisi: lapangan tengah dan lapangan luar. Di bagian dalam ada empat penanda yang disebut pangkalan.

Kusen diberi nomor berlawanan arah jarum jam dari ambang 1, ambang 2, ambang 3. Ukuran alasnya adalah bujur sangkar dengan sisi 38 cm, dan sudut keempat disebut belah ketupat. Rumah belakang pelatnya adalah 7,62 meter dan dia memiliki batas 9,14 meter.

Perlengkapan Permainan Softball
Jenis peralatan yang digunakan untuk bermain softball adalah:

Glove, semacam sarung tangan pelindung
Bola softball
Pemukul
Light guard
Body protector
Masker
Lapangan lengkap

6 Perbedaan Softball dan Kasti

1. Teknik dasar permainan

Permainan softball dan baseball umumnya terdiri dari teknik dasar melempar, menangkap, memukul, dan berlari. Namun, ada perbedaan antara softball dan baseball di mana softball membutuhkan penguasaan keterampilan meluncur.

Teknik ini dilakukan dengan cara menjatuhkan badan ke belakang dan mengayunkan salah satu kaki ke depan menuju pangkal.

2. Bentuk bidang

Perbedaan softball dan baseball dapat dilihat dari bentuk lapangan yang digunakan. Lapangan softball adalah persegi yang dibagi menjadi dua area yaitu area kopling dan area pelanggaran. Fairground atau stadion terdiri dari area dalam lapangan dan area luar lapangan. Selain itu, ada tiga pemberhentiannya, juga disebut pangkalan dalam permainan softball: pangkalan I, II, dan III.

Sebaliknya, lapangan bisbol berbentuk persegi panjang. Bidang ini terdiri dari ruang kosong, ruang penyimpanannya, dua ruang tempat bertengger, dan tiga tiang gawangnya sebagai gawang tim pemukul setelah sukses memukul.

3. Ukuran bidang

Perbedaan softball dan baseball bukan hanya pada bentuk lapangannya saja, tetapi juga pada ukuran lapangannya. Panjang lapangan permainan softball miliknya adalah 16,76 sampai 18,29 meter, dan jarak dari tanda pelari (home plate) ke posisi pelempar (pitcher’s plate) sekitar 13,07 meter. Area peluncur adalah 60 x 15cm.

BACA JUGA:  Tips untuk Mendapatkan Pekerjaan Setelah Magang yang Perlu Anda Tahu

Dalam pertandingan bisbol, panjang lapangan 60-70 meter dan lebar 30 meter.

4. Tangga bertengger (alas)

Permainan softball dan bisbol memiliki aturan untuk melewati tiang gawang tertentu sebelum pulang. Namun, ada perbedaan antara pemain baseball yang mengoper trestle dan pemain softball yang mengoper base.

Dalam permainan softball dia memiliki tiga basis. Alas IV (rumah) berbentuk segi lima karet dengan keliling 147 cm.

Sebaliknya, permainan bisbol memiliki tiga tempat bertengger. Posting ini terdiri dari dua posting gratis atau tetap dan satu posting dukungan.

5. Kelelawar

Perbedaan softball dan baseball juga bisa dilihat dari pemukulnya. Alat pemukul sofbol terbuat dari kayu atau balok, berbentuk bulat dengan diameter 5-6 cm dan dilapisi dengan aluminium.

Tidak hanya itu, pemukul sofbol berukuran hingga 87cm dengan dudukan pegangan yang dibalut perban sekitar 40cm. Berat maksimal kelelawar ini adalah 1100 gram.

Dalam bisbol, pemukul kayu berbentuk tongkat dengan penampang oval digunakan untuk memukul bola. Sebuah tongkat bisbol memiliki panjang sekitar 50-60cm. Sedangkan penampang casti memiliki panjang 15-20 cm, lebar 5 cm dan tebal 3,5 cm.

6. Bola

Keduanya menggunakan bola yang lebih kecil, tetapi softball dan bola bundar memiliki detail yang berbeda. Perbedaan antara softball dan baseball dapat dinilai terutama dari bahan yang digunakan.

Dalam permainan sofbol, bola merupakan gabungan dari gabus dan karet, atau kapak berserat panjang yang dibungkus dengan benang halus. Bola berwarna putih atau kuning, berbentuk bulat dan memiliki benang merah atau putih yang menetes. Memiliki lingkar 30-31 cm dan berat sekitar 180-200 gram.

Bola bisbol terbuat dari karet atau kulit yang diisi dengan sabut atau ijuk. Sebuah bola bisbol berukuran keliling 19-21 cm, diameter 20 cm, dan berat 30-70 atau 70-80 gram.

Ini adalah 6 perbedaan utama antara softball dan bisbol. Perbedaan ini meliputi teknik dasar, geometri lapangan, ukuran lapangan, serta tongkat dan bola yang digunakan.***

`