klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran
klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran

klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran”

Saat lahir, tubuh manusia terdiri dari 300 tulangnya. Tapi saat tubuh tumbuh, beberapa tulang ini menyatu. Jadi ini berarti dia hanya akan memiliki 206 tulang saat dia dewasa.

Dari kepala sampai kaki, tulang melindungi dan membentuk tubuh. Tengkorak dan tulang rusuk melindungi organ vital otak dan dada.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi tulang manusia.

Ini membantu menjaga tubuh Anda tegak dengan mendukung dan memelihara organ vital dan tulang belakang Anda.
Fungsi gerakan, yaitu perlekatan otot-otot yang terhubung. Saat otot-otot ini berkontraksi, tulang-tulang bergerak.
Itu dibuat di sumsum tulang sebagai tempat produksi sel darah, mekanisme dimana sel darah merah pembawa oksigen melindungi tubuh dari infeksi.

Untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang jenis tulang, berikut ringkasan 5 jenis tulang berdasarkan bentuknya.

1. tulang panjang

Jenis tulang yang pertama berdasarkan bentuknya adalah tulang panjang. Tulang panjang berongga dan berfungsi untuk menopang kerangka manusia.

Contoh tulang panjang antara lain tulang paha (femur), fibula (fibula), tulang kering (tibia), telapak kaki (metatarsus), tulang telapak tangan (metacarpal), jari (phalanges), dan Berisi tulang yang membentuk lengan. Humerus, ulna, radius.

2. tulang pendek

BACA JUGA:  bunyi vokal akhir pada baris baris puisi disebut

Jenis tulang berdasarkan bentuknya selanjutnya adalah tulang pendek. Tulang pendek biasanya lebar dan berbentuk seperti kacang atau bulat.

Peran utama tulang ini adalah menggerakkan tubuh. Contoh tulang pendek ini antara lain tulang yang membentuk pergelangan kaki (tulang tarsal) dan pergelangan tangan (tulang karpal).

3. tulang pipih

Menurut bentuknya, jenis tulang selanjutnya adalah tulang pipih. Tulang-tulang ini sangat tipis, tetapi ukuran dan bentuknya sangat bervariasi.

Permukaan tulang ini memiliki area yang melindungi otot-otot yang terdapat pada tulang. Contoh tulang pipih termasuk tulang rusuk, tengkorak, tulang dada, dan tulang belikat.

4. Tulang tidak beraturan

Salah satu jenis tulang berdasarkan bentuknya adalah tulang tidak beraturan. Tulang tidak beraturan ini bentuknya tidak konsisten dengan tulang panjang, tulang pendek, atau tulang pipih.

Contoh tulang yang termasuk dalam kategori ini adalah tulang belakang, sakrum, tulang ekor, dan beberapa tulang yang membentuk wajah, seperti cuneiform (sphenoid), tulang pipi (cheekbone), dan tulang ethmoid.

5. tulang sesamoid

Jenis tulang selanjutnya berdasarkan bentuknya adalah tulang sesamoid. Tulang sesamoid adalah tulang yang tertanam dalam tendon atau jaringan ikat yang menghubungkan jaringan otot ke tulang.

Tulang kecil dan bulat ini biasanya ditemukan di tendon tangan, lutut, atau kaki Anda. Tulang sesamoid berfungsi untuk melindungi tendon dari tekanan pada sendi dan meningkatkan efisiensi sendi. Contoh tulang ini adalah patela (patela).

Jenis kelainan tulang

Di bawah ini adalah jenis penyakit atau gangguan tulang yang umum terjadi.

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana pembentukan tulang baru tidak dapat mengimbangi kerusakan tulang lama yang rusak. Ini membuat tulang lemah dan rapuh.

Area tulang yang paling rentan terhadap kerusakan akibat osteoporosis adalah tulang belakang, pergelangan tangan, dan pinggul.

Penyakit tulang ini lebih sering terjadi pada orang tua dan wanita. Penyakit ini dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium, penggunaan kortikosteroid jangka panjang, atau gangguan hormonal.

BACA JUGA:  apakah semua jurusan ada kkn

Osteoporosis umumnya tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Namun, ketika kerusakan tulang menjadi parah, penderita osteoporosis dapat mengalami gejala seperti nyeri tulang dan punggung, perubahan postur tubuh, tulang rapuh, dan perawakan pendek.

2. Rakhitis dan osteomalasia

Rakhitis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi perkembangan tulang pada anak-anak. Rakhitis dewasa, di sisi lain, dikenal sebagai osteomalacia atau tulang rawan.

Rakhitis dan osteomalasia dapat membuat tulang lunak dan lemah, membuat orang berisiko tinggi mengalami kelainan bentuk tulang dan patah tulang.

Penyebab utama rakhitis dan osteomalasia adalah kekurangan vitamin D, yang berperan penting dalam penyerapan kalsium, zat pembentuk struktur tulang. Meski demikian, faktor genetik juga bisa menyebabkan rakhitis.

Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa nyeri, nyeri badan, pegal-pegal, dan nyeri tulang, terutama setelah melakukan banyak aktivitas fisik.

3. Infeksi kelenjar getah bening (osteomielitis)

Osteomielitis adalah peradangan pada tulang, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Gangguan tulang ini umumnya terjadi pada orang dengan luka terbuka atau patah tulang. Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah atau memiliki prostesis tulang atau sendi.

Osteomielitis dapat menimbulkan gejala seperti nyeri dan bengkak pada tulang, daerah sekitar tulang yang meradang yang terasa hangat saat disentuh, demam, dan lemas.

Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi serius dan kematian tulang. Pada anak-anak, jika osteomielitis tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang dan memperpendek tubuh anak.

4. Tumor Tulang

Ketika sel-sel tulang tumbuh di luar kendali, massa jaringan yang disebut tumor dapat terbentuk. Tumor tulang biasanya jinak tetapi dapat merusak atau melemahkan jaringan tulang sehat di sekitarnya. Hal ini membuat tulang rapuh dan mudah patah.

BACA JUGA:  peristiwa sejarah indonesia

Ada beberapa jenis tumor tulang ganas (kanker). Tumor tulang ganas ini bisa menyebar dan merusak tulangbagian tubuhnya. Tanpa penanganan yang tepat, tumor tulang ganas dapat menyebabkan masalah serius bahkan kematian.

5. Penyakit Paget

Penyakit Paget adalah penyakit kronis di mana tulang tumbuh dengan cepat dan menjadi rapuh. Akibatnya, tulang mudah rusak dan berubah bentuk.

Penyebab pasti penyakit Paget tidak diketahui. Namun, banyak ahli menduga bahwa faktor lingkungan dan genetik dapat mempercepat dan melemahkan pertumbuhan tulang.

Penyakit Paget biasanya tidak menimbulkan gejala. Saat gejala memang muncul, keluhan yang biasanya dialami oleh penderita penyakit Paget adalah nyeri tulang dan sendi, hipertrofi tulang, sakit kepala, gangguan pendengaran, dan kesulitan melakukan aktivitas tertentu seperti berjalan atau duduk.

Cara menjaga kesehatan tulang

Selalu konsumsi cukup makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D.
Selalu berolahraga secara teratur.
Mandi di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi sangat membantu dalam membantu pembentukan vitamin D. Vitamin ini sangat penting dalam membantu penyerapan kalsium dan makanan.
Makan banyak sayuran. Sayuran adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Memenuhi kebutuhan asupan hijau dan kuning mendorong mineralisasi tulang pada anak-anak dan membantu menjaga massa tulang pada orang dewasa.
Rutinitas latihan kekuatan dan latihan beban. Jenis latihan ini dapat sangat meningkatkan pembentukan tulang baru dan mencegah keropos tulang. Latihan menahan beban meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengurangi peradangan tulang. Jenis olahraga ini membantu mencegah pengeroposan tulang pada penderita osteoporosis, osteopenia, kanker payudara, dan lainnya.
menjaga berat badan. Ini sangat penting karena orang dengan berat badan rendah berisiko mengalami osteopenia dan osteoporosis. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang telah mengalami menopause akibat penurunan hormon estrogen.***

`