Tips Backup Data Recovery Secara Lengkap

Tips Backup Data Recovery Secara Lengkap

Backup data merupakan masalah yang wajib dilakukan semua orang karena umur hard drive ada masanya. Setiap hard drive yang beroperasi hari ini akan gagal di beberapa titik di masa depan. Itu hanya masalah waktu saja. Terkadang Anda akan mendapatkan peringatan (noise, pesan kesalahan, dll.) Namun, sebagian besar waktu, Anda tidak akan mendapatkan peringatan – seperti dalam kasus kami. Drive hanya akan berhenti bekerja, mesin akan mogok, dan akan menolak untuk boot. Jadi, apa pilihan Anda?

Untuk pengguna rumahan, saya sangat menyarankan Anda setidaknya mencadangkan semua file penting Anda ke CD atau DVD (jika Anda tidak burn dvd atau harddisk eksternal, disarankan untuk segera beli.) Atau semacam drive eksternal (pita, hard drive, dll. ). Biaya benar-benar turun pada beberapa drive ini.

Jika Anda mampu membelinya, saya sangat menyarankan hard drive fisik kedua, baik internal (di dalam casing Anda) atau eksternal (drive USB, misalnya). Anda dapat mengatur pekerjaan pencadangan otomatis untuk dijalankan setiap malam untuk menyalin semua file penting Anda dari komputer ke drive kedua ini.

Jika Anda memiliki komputer kedua atau bahkan laptop, salin juga file Anda di sana. Lakukan backup ini minimal seminggu sekali, atau setiap kali Anda melakukan banyak pekerjaan. Ada banyak program freeware atau shareware yang dapat melakukan pencadangan untuk Anda (termasuk yang gratis yang saya tulis beberapa tahun lalu untuk keperluan internal saya sendiri yang disebut Amicron NetBackup). Yang dilakukannya hanyalah menyalin file dari satu drive ke drive lain pada waktu tertentu setiap hari. Itu semua yang Anda butuhkan, untuk sebagian besar. (Hei, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar).

Baca juga:  Cara Cek Pulsa 3 Melalui Dial, SMS, dan Bima+

Sekarang, untuk pengguna bisnis, selain menyalin file penting Anda dari satu drive ke drive lain, saya sangat merekomendasikan tape drive. Pertahankan 3 atau 4 kaset dan putar setiap beberapa hari. Bawalah satu kaset ke luar lokasi Anda setiap hari Jumat, jadi jika gedung Anda terbakar, Anda memiliki salinan data Anda di luar lokasi. Anda juga dapat menggunakan beberapa hard drive eksternal untuk ini juga – karena harganya telah turun drastis.

Membuat gambar drive jika hard drive Anda juga merupakan penghemat waktu nyata. Gambar drive pada dasarnya adalah snapshot dari hard drive Anda yang dapat Anda pulihkan kembali persis ke konten aslinya … jadi jika hard drive utama Anda mogok, Anda tidak perlu menginstal ulang Windows, memuat ulang semua driver Anda, menginstal ulang aplikasi Anda , dll. Dulu saya merekomendasikan program yang disebut Drive Image by PowerQuest, tetapi ternyata program tersebut diakuisisi oleh Symantec… jadi program yang digunakan sekarang adalah Norton Save & Restore. Ini adalah penghemat waktu utama ketika drive Anda mogok. Ada juga program lain yang tersedia yang disebut Acronis True Image.

Ada juga banyak perusahaan yang sekarang menyediakan layanan pencadangan di luar situs. Jika Anda memiliki koneksi Internet broadband dan Anda memiliki jumlah data yang relatif kecil yang Anda perlukan untuk disimpan dengan aman di lokasi yang berbeda (ide bagus untuk database penting bisnis, misalnya), Anda dapat melihat ini. Pencarian Google pada “offsite backup” menunjukkan banyak perusahaan yang berbeda. Saya belum mencoba salah satu dari mereka, tetapi Anda mungkin ingin memeriksanya jika Anda termasuk dalam kategori ini. Secara pribadi, saya menggunakan Xdrive.

Baca juga:  Cara Melihat Kunjungan Profil Instagram Paling Cepat

Jadi, inilah daftar periksa Anda untuk mencadangkan data Anda:

– Salin file penting ke hard drive fisik yang berbeda setiap malam (pencadangan otomatis)

– Buat gambar drive dari drive C: (Windows) Anda setidaknya seperempat sekali

– Bakar file penting ke CD-ROM atau DVD setidaknya setiap bulan

– Simpan salinan data penting Anda di luar kantor (Flashdisk, Harddisk External,  DVD, dll.)

– Perbarui dan periksa (verifikasi) cadangan Anda secara teratur

Jangan menunggu hard drive Anda rusak. Ini akan gagal. Itu hanya masalah waktu saja. Oh, dan juga, jika Anda memiliki server yang membutuhkan jenis hard drive tertentu (terutama yang tidak bisa Anda beli begitu saja di toko komputer lokal), Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyimpan cadangan.